Label:

Facial Care - Perawatan Wajah

Be Healthfull - Perawatan ini bertujuan untuk membuat wajah Anda menjadi bersih dan segar. Dengan demikian, kotoran yang menempel akan segera hilang dan masalah kulit seperti jerawat dan komedo dapat dihindari. Berikut ini beberapa perawatan wajah yang wajib dilakukan sebagai ritual harian wanita.



  • Pembersih wajah, pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kulit Anda. Jangan menggunakan sabun mandi sebagai pembersih wajah karena kadar ph sabun mandi justru akan merusak kulit wajah. Selain membersihkan kotoran yang menempel, kegiatan ini juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat minyak dan bakteri.
  • Masker wajah, penggunaan masker bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu juga membuat kulit lebih kenyal. Anda bisa menggunakan masker dari bahan alami seperti masker alpukat, masker madu, masker mentimun dan beberapa jenis buah lainnya yang dapat memberikan nutrisi bagi kulit.
  • Pelembab wajah, biasanya pemakainan pelembab hanya saat memakai make up, padahal pelembab ini sangat penting digunakan secara rutin untuk membuat kulit lebih lembut dan kenyal.
  • Sunscreen atau tabir surya. Kita berada di daerah tropis yang tentunya sangat rawan terkena sengatan sinar matahari. Tujuan pemakaian tabir surya untuk menghindarkan kulit dari radiasi sinar uv dan mencegah terjadinya flek hitam akibat paparan sinar matahari. Pilihlah tabir surya yang khusus untuk wajah.
Penampilan yang cantik dengan wajah bersih tentunya membuat kita menjadi lebih percaya diri.

MENCEGAH VLEK MUNCUL

Vlek wajah adalah suatu noda hitam dimana noda tersebut muncul karena kulit wajah kita tidak memiliki cukup nutrisi untuk melawan UV dari matahari sehingga timbulah vlek wajah tersebut. Memiliki wajah bebas vlek sampai usia senja sebetulnya bukan sesuatu yang mustahil. Seperti halnya dengan tubuh, kesehatan kulit wajah akan didapat jika yang bersangkutan melakukan perawatan yang benar sejak dini. Dengan demikian, segala permasalahan kulit seperti kering, kusam dan vlek, dapat diatasi. Berikut sejumlah tip sederhana agar wajah terhindar dari vlek:

  • Kenali jenis kulit wajah anda dengan bantuan dokter atau beautician. Secara garis besar ada 4 jenis kulit, yaitu kombinasi, kering, berminyak dan sensitif. Pengenalan jenis kulit memastikan Anda membeli produk kulit dan kecantikan yang sesuai sekaligus terhindar dari kebiasaan ikut-ikutan karena gencarnya promosi produk tertentu.
  • Rawatlah kulit sejak dini, yakni di usia praremaja, dengan hal-hal sederhana seperti rajin membersihkan muka dengan saksama setiap kali mandi. Jangan lupa cuci tangan setiap kali hendak cuci muka. Kebiasaan cuci muka ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit muka sepanjang hari. Pilihlah sabun khusus muka yang memiliki pH balanced agar kelembapan kulit tetap terjaga.
  • Setiap keluhan atau gangguan di kulit semisal jerawat yang tak kunjung hilang, hendaknya segera dikonsultasikan ke dokter kulit.
  • Gunakan selalu tabir surya yang berfungsi melindungi wajah dari radiasi sinar matahari. Ini merupakan jurus ampuh agar bisa tampil awet muda lebih lama karena sinar matahari dapat menimbulkan vlek pada wajah sekaligus mempercepat datangnya kerut. Meskipun sehari-hari bekerja di ruang ber-AC, tetap ada kemungkinan wajah terpapar radiasi matahari, karena pancarannya masih dapat mengenai wajah melalui pantulan kaca, air dan lantai. Begitu pula bila harus sering bekerja di bawah lampu halogen yang mengandung UV. Ada baiknya tidak meninggalkan rumah tanpa produk sun care di siang hari. Pilihlah sun care yang tidak mengandung PABA (para amino benzoic acid), karena dapat menyebabkan kulit bertambah cokelat.
  • Penggunaan pelembap di pagi dan malam hari amat membantu menjaga kulit tubuh tetap halus dan lembut. Melembapkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim/losion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan. Pilihlah pelembap wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu partikel kecil berbentuk bola yang diisi dengan berbagai zat aktif seperti ekstrak thymus, glikoprotein, vitamin C dan vitamin E. Saat ini bahkan ada pelembap wajah yang sudah diformulasikan sekaligus sebagai krim pengencang wajah yang dapat dipakai pada siang maupun malam hari. 
Biasanya krim wajah untuk pemakaian malam hari (krim malam) mengandung lebih banyak moisturizer . Pemakaian krim ini sangat efektif untuk memberi nutrisi ke dalam kulit hingga kulit senantiasa tampak lebih sehat.
  • Mengangkat sel-sel kulit mati melalui proses scrubbing bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah. Semakin bertambah usia seseorang, kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-selnya tentu semakin berkurang. Padahal sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit mengakibatkan wajah terlihat kusam/tidak segar. Untuk hasil terbaik, scrubbing sebaiknya dilakukan seminggu 2 kali. Sebaiknya scrub yang digunakan tidak merupakan satu kesatuan dengan sabun yang dipakai sebelum scrub.Lakukan facial di tangan ahli agar kotoran dan komedo dalam yang tidak bisa diangkat dengan pembersihan biasa betul-betul bisa tertangani dengan benar.
  • Berikan kulit wajah nutrisi yang baik seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E, terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.
  • Gaya hidup sangat berpengaruh pada kondisi kulit wajah. Oleh sebab itu hindari stres, rokok dan gorengan serta kebiasaan mandi air panas. Sebaliknya, lakukan olahraga, atur pola makan, dan perbanyak minum air putih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar